Wisata Coban Rais

Wisata Coban Rais

Berbicara tentang kota Batu tentunya anda tidak akan jauh-jauh dari yang namanya pariwisata. Karena kawasan ini diberi kenikmatan oleh Tuhan, memiliki pesona alam yang sangat mempesona. Sebut saja Coban Rondo, Selecta, Jatim Park, dan Museum Angkut.
Kawasan Batu juga memiliki cobaan lain yang wajib Anda kunjungi. Pasalnya kawasan ini sering diburu netizen dengan hasil foto instagenic keindahan alamnya yaitu wisata Coban Rais.
Coban Rais merupakan tempat wisata favorit di kota Malang yang sedang hits saat ini. Kata Coban sendiri berasal dari kata yang berarti air terjun, dan kata Rais diambil dari salah satu nama warga. Selain menikmati wisata malam terbaru tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini.

Air terjun dengan ketinggian 20 meter ini awalnya bernama Coban Sabrangan karena jalan menuju lokasi ini harus melewati 14 sungai terlebih dahulu. Karena tempat ini merupakan destinasi wisata baru di Malang, maka namanya diubah menjadi Coban Rais.
Suasana sejuk dan alami sangat cocok untuk anda yang sedang refreshing dengan aneka warna tanaman hijau segar ala pegunungan dan perpaduan suara air terjun yang dapat menenangkan hati anda.

Batu Taman Bunga

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Coban Rais dikenal luas oleh wisatawan dari seluruh nusantara. Dengan hadirnya Taman Bunga Batu yang mempesona, spot foto yang disajikan adalah bunga warna-warni yang sangat indah.
Batu Bunga terletak di kawasan bukit Coban Rais. Bukit ini sengaja didesain sebaik mungkin agar terlihat lebih instagenic. Berbagai macam tanaman tertata rapi sedemikian rupa. Namun sayangnya untuk memasuki kawasan ini cukup mahal.

Ayunan Coban Rais

Ayo, kamu berani mencoba extreme swing di Coban Rais? Bagi Anda yang menyukai hal-hal ekstrem, ayunan ini harus ada dalam daftar Anda. Ayunan ini berada di atas bukit setinggi beberapa ribu meter.
Wahana ekstrim di Bukit Bulu adalah ayunan ekstrim. Spot ini mulai hits karena dengan background foto pemandangan bunga di Bukit Bulu yang diunggah wisatawan. Belum banyak wisatawan yang mencoba ayunan ekstrim ini, selain untuk menguji nyali spot ini juga bagus banget untuk dijadikan spot foto.
Jangan takut! Karena keamanan adalah nomor satu. Jadi tidak perlu takut tergelincir dari ayunan. Karena pihak pengelola akan mengikat pinggang Anda ke tali ayunan dengan sabuk pengaman. Berani mencoba?

rumah hobbit

Setelah berjuang tanpa lelah, saatnya kamu merasakan suasana keindahan yang ada. Selain wisata air terjun, Coban Rais memiliki spot menarik lainnya, salah satunya adalah Rumah Hobbit.
Tempat ini adalah rumah hobbit yang menarik. Sehingga sangat pas jika tempat ini dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto. Uniknya, rumah hobbit ini berada di level yang cukup landai.
Jadi harus sangat berhati-hati jika berada di area ini agar tidak jatuh, pada tanjakan yang berbulu dan cukup tinggi juga. Tapi itu menyenangkan, bukan? Sangat berbeda dengan rumah hobbit yang ada di tempat lain.

Kendaraan dan gardu pandang

Wahana dan gardu pandang ini berada di kawasan perbukitan sehingga Anda bisa menikmati pemandangan alam di sekitar Kota Batu. Biasanya banyak wisatawan yang berburu spot berbentuk love, karena point ini terlihat begitu sempurna.
Selain itu ada juga ikon kota Malang yaitu buah apel. Banyak wisatawan yang berfoto di lokasi ikon apel dimakan ini. Masih banyak spot menarik seperti berbagai macam bunga yang terlihat romantis.

Alamat Coban Rais

Alamat lokasi wisata Coban Rais berada di Jalur Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu. Jarak dari kota Batu sekitar 7 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Rute Lokasi Coban Rais

Untuk menuju lokasi wisata, jalur yang harus dilalui adalah Terminal Batu menuju studio Batu TV. Dari sini Anda bisa mengikuti jalan yang ada di dalam studio hingga sampai di lokasi parkir. Cukup mudah bukan?
Bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi umum, Anda juga bisa berangkat dari terminal Landungsar. Disana anda bisa naik angkot BIL kuning dengan tujuan menuju kota Batu.

Sekarang. Berikut adalah beberapa trik yang harus Anda ketahui. Jadi saat berada di terminal, tentunya akan menemukan angkot berwarna kuning dan pink. Dimana angkot pink akan mengantarkan anda ke terminal Batu dan harus lewat. Jangan salah paham!
Sedangkan untuk angkot kuning bisa langsung minta turun di pertigaan Tugu Oro-oro Ombo. Jarak yang ditempuh kurang lebih 1 jam. Setelah sampai Anda bisa menggunakan ojek. Jadi total harga yang harus dibayar sekitar Rp 15.000.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk di kawasan ini memang bisa dikatakan cukup mahal. Jika Anda masuk dan hanya menikmati air terjun, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. ditambah parkir Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor.
Bagi Anda yang ingin menikmati Taman Bunga Batu dikenakan biaya Rp. 25.000. apalagi kalo bawa kamera ada biaya tambahan Rp 10.000. kalau pakai DSLR harganya Rp. 20.000, dan kalau pakai drone harganya Rp. 75.000.
Namun jangan khawatir, ada fasilitas tambahan yang disediakan yaitu Anda akan mendapatkan akses gratis ke bunga utama di sini. Karena jika tidak membayar kamera, wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

Tips Berkunjung

Jika Anda ingin ke sini bersama keluarga atau orang terdekat, ada beberapa tips yang mungkin harus Anda perhatikan demi kenyamanan saat berlibur ke sana. Berikut beberapa tipnya:
* Datang di hari kerja atau di luar hari libur. Karena akan ramai pengunjung dan anda harus mengantri untuk berfoto di spot yang anda inginkan.
* Datanglah saat cuaca sedang cerah, karena dengan cahaya alami hasil foto akan terlihat lebih bagus. Dan datanglah lebih awal untuk mengantisipasi pengunjung lain yang memadati lokasi.
* Jangan lupa bawa kamera sendiri, biar lebih puas dengan hasilnya dan leluasa memotret.
* Sebaiknya bawa uang lebih ke sini agar bisa berfoto di beberapa spot karena akan dikenakan biaya tambahan.
* Anda juga bisa menikmati di sekitar air terjun saja dan tidak harus berfoto di spot foto.
* Yang terpenting jangan sampai merusak tanaman bunga di area tersebut. Dan jangan membuang sampah sembarangan.
Di atas adalah sedikit ulasan tentang wisata Coban Rais. Dengan berbagai tanaman bunga yang cantik dan air terjun yang segar. Tentu ada banyak spot menarik yang bisa Anda pilih, mengabadikan momen bersama keluarga.
Jadi kapan ke sini untuk menikmati pemandangan dan mencoba beberapa spot menarik lainnya di Bukit Bulu yang unik dan tentunya Instagramable? Dijamin kekinian dan terlihat sangat keren untuk melengkapi galeri foto kamu. Selamat berlibur!