Museum Transportasi Kota Batu

Museum Transportasi

Malang adalah salah satu tempat favorit di Jawa Timur. Salah satu tempat wisata favoritnya adalah Museum Angkut Batu di Malang yang menghadirkan banyak alat transportasi keliling dunia dari zaman dahulu hingga sekarang.
Museum ini memadukan konsep hiburan dan wisata sejarah dari alat transportasi yang ada di seluruh dunia. Museum kreatif ini menyandang predikat sebagai satu-satunya tempat wisata pertama yang mengusung konsep wisata transportasi di Indonesia.
Pada artikel kali ini mimin akan membahas apa saja yang ada di dalam Museum Angkut, harga tiket, jam buka, dan apa saja spot menarik yang harus anda kunjungi selama berada di museum ini. Dengarkan di sini, oke!

Lokasi Museum Angkut

Menempati area seluas 3,8 hektar, museum ini diresmikan dan dibuka untuk umum pada 9 Maret 2014, dan tercatat sebagai museum transportasi pertama dan terbesar di Asia.
Berada di Kota Batu yang juga dinobatkan sebagai Kota Wisata di Jawa Timur, Museum Angkut terletak di lereng Gunung Panderman, tepatnya di Jl. Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Wisata Batu, 65314 .
Tempat wisata ini didukung dengan lahan parkir yang luas dan aman, pusat oleh-oleh dan wisata kuliner. Jadi Anda tidak perlu khawatir tempat parkir penuh ketika Anda pergi ke sini pada hari libur.

Rute menuju Museum Angkut

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa pergi dari Surabaya ke Malang melalui jalan tol. Kemudian dari Malang, Anda bisa menuju ke utara menuju Alun-Alun Kota Batu. Dari Alun-alun Kota Batu, hanya berjarak sekitar 10 menit menuju Museum Angkut.
Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, jika naik bus turun di Terminal Arjosari Malang, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus ADL jurusan Arjosari – Dinoyo – Landungsari atau bus Angkatan Laut jurusan Arjosari – Landungsari lalu turun di Terminal Landungsari.
Dari Terminal Landungsari, ganti angkot tujuan Terminal Kota Batu, lalu ganti angkot lagi tujuan Museum Angkut.
Bagi yang menggunakan kereta api bisa turun di Stasiun Batu Malang, lalu naik angkot ADL atau AL dan turun di terminal Landungsari. Dari Terminal Landungsari, Anda tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi umum lainnya seperti perjalanan di atas.

Tiket Masuk Museum Transportasi

Harga tiket masuk Museum Angkut pada hari Senin-Kamis adalah Rp. 70.000 sedangkan pada hari Jumat-Minggu dan hari libur lainnya Rp. 100.000.
Selain HTM reguler di atas, Anda bisa memilih jenis tiket terusan, jika ingin mencoba semua tempat di bawah Jawa Timur Group yaitu:
* Tiket Sakti (berlaku 2 hari) all day IDR 375.000
* Tiket Super Time (berlaku 4 hari) all day IDR 450.000
Kedua tiket tersebut mencakup 8 Tempat Wisata antara lain: Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo + Museum Satwa), Eco Green Park, BNS, Museum Angkut, Body Museum dan Predator Fun Park.
Karena yang menjadi daya tarik museum ini adalah koleksinya, bagi anda yang membawa DSLR, Polaroid, Handycam, Kamera Digital, dll akan dikenakan tiket tambahan. Tiket tambahan sebesar Rp. 30.000/kamera.

Jam Buka Museum Angkut

Jam operasional museum ini setiap hari dan mulai pukul 12.00-20.00 WIB. Jika Anda ingin berkunjung ke sini, Anda bisa datang agak terlambat. Karena museum ini buka mulai pukul 12.00 siang dan akan tutup pukul 20.00 baik hari kerja maupun akhir pekan.
Jam buka memang sengaja dibuka sore hari, karena sebelum buka semua petugas harus sering mengecek properti dan kebersihan.

Fasilitas Museum Transportasi

Museum ini memiliki fasilitas yang lengkap sebagai tujuan wisata yang unik. Terdapat area parkir yang luas di dekat pintu masuk bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
Tempat makan juga ada di zona Floating Market atau Food Court. Selain itu, ATM Center, loker, toilet, dan lift juga akan memudahkan pengunjung saat berekreasi. Tersedia juga shuttle car alternatif bagi anda yang tidak ingin lelah berkeliling museum.
Tak hanya itu, meski berwisata bagi pengunjung muslim, mereka juga tetap bisa beribadah di mushola Ar-Rizky yang bersih. Ada juga Charging Station sebagai tempat mengisi daya ponsel secara gratis.

Hotel Dekat Museum Angkut

Bagi pengunjung dari luar kota dan ingin bermalam di sekitar Museum Angkut, tidak sulit mencari hotel dan penginapan, karena lokasi museum yang strategis berada di kawasan wisata dan perkotaan.
Beberapa penginapan dan hotel di dekat museum yang bisa dijadikan alternatif antara lain: Pondok Jatim Park Hotel & Café, Club Bunga Boutique Resort, Golden Tulip Holland Resort Batu, Pohon Inn Hotel, The Singhasari Resort Batu, Apple Green Hotel dan sejumlah lainnya hotel.

Pertunjukan Spesial di Museum Angkut

Museum ini tidak hanya menampilkan koleksi benda mati saja, namun museum ini juga menampilkan beberapa atraksi atau pertunjukan yang bisa anda nikmati pada sore atau malam hari.
Ada Night Divas, fashion show yang bisa disaksikan pengunjung setiap hari mulai pukul 18:30-19:00 WIB. Lalu ada California Car Wash Dance dan Three Elemental Show yang bisa kamu nikmati di akhir pekan. Juga Movie Star Hero Cosplay setiap hari mulai pukul 12:30-13:00 WIB.
Baca Juga : 20 Tempat Wisata Blitar Terbaru Yang Hits Tahun 2022
Menarik kan? Itulah beberapa informasi tentang Museum Angkut Batu Malang. Sebagai tips tambahan, bagi pengunjung yang tidak ingin antre, bisa membeli tiket secara online.
Selain itu, kamu bisa datang di hari biasa untuk menghindari zona yang terlalu ramai, karena sayang sekali jika tidak bisa berfoto di beberapa zona yang ada di museum ini. Bagaimana, sudah siap berlibur ke sini?